Efek Halo Matahari

Sedang melihat-lihat lagi email lama di account yahoo saya, eh nemu beberapa email dengan subject ucapan terima kasih dari nama-nama yang tidak terlalu saya kenal. Iseng, saya buka lagi email-email itu.
Ternyata isinya ucapan terima kasih dari beberapa rekan dari sebuah milis untuk foto-foto tentang efek Halo Matahari di Bandung yang saya posting dalam milis tersebut sebelumnya, sekitar bulan September 2007 silam. It was almost 3 years ago and I have kept the emails in my inbox :).
Oh ya, saya ingat moment itu. Waktu itu kebetulan saya tidak ada jadwal kuliah sehingga seharian saya di kantor. Sekitar jam 12-an, Teh Yuli –korlip news Program di radio tempat saya bekerja- menginter saya agar naik ke lantai 3 untuk melihat matahari. Saya tertawa waktu mendengarnya. Melihat matahari?
Tapi Teh Yuli memaksa saya untuk naik ke atas dan masuk ke ruang studio. Dan benar, matahari hari itu memang sangat lain dari biasanya. Terlihat begitu cantik. Sayang, hasil foto saya tidak terlalu bagus karena posisi studio radio saya yang memang tidak memungkinkan untuk memotret dengan leluasa moment langka itu.
Meski kejadiannya hampir 3 tahun silam, tapi semoga tetap bisa memberikan sedikit gambaran tentang betapa indahnya fenomena alam yang terjadi. Foto-foto di bawah ini diambil dari HP Nokia oleh Mas Ardhie, seorang teman dari radio tetangga yang banyak membantu skripsi saya (Mas Ardhie, saya upload fotonya di sini ya).
Enjoy!

Menurut keterangan seorang ahli dari Lapan yang beritanya saya baca dari sebuah media online, lingkaran itu adalah efek Halo yang terbentuk karena ada pembiasan cahaya akibat adanya awan cirrus (awan tipis setinggi 10 km dari permukaan laut).
Hmm, cantik ya...
0 Responses