A Journey to Makkah – Madinah. Part 3


Selain ibadah, selama umrah juga ada beberapa agenda mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Madinah, Mekah seperti Masjid Kuba, Jabal Tsur ataupun Jabal Uhud, dan sembari melewati tempat-tempat tujuan haji seperti Arafah, Mina, Muzdhalifah.
Diantaranya ke Jabal Rahmah di Arafah, yang konon merupakan tempat bertemunya Nabi Adam As dan Hawa.
 



                                                                         Jabbal Rahmah
 
Nah, karena saya satu-satunya gadis muda, mandiri nan energik dan juga berangkat sendiri (haiyah :p) yang ada dalam rombongan, otomatis saya jadi korban ledekan.
‘Ayo Mira turun, doa di Jabal Rahmah biar cepet dipertemukan jodoh”

Hehe.. Senyum-senyum aja saya mah jadinya..
Sebenarnya kalau saya baca dari tulisan yang ada di bawah bukit, ada informasi jika Rasulullah SAW dulunya tidak naik ke bukit, tidak menuliskan apa-apa di batu, dll. Mencegah supaya jamaah tidak bid’ah.




                                                              Pemandangan dari atas bukit

 Saya pun ke atas bukit saya niatin hanya untuk melihat saja, mumpung di Mekah. Doa yang saya panjatkan minta diijinkan Allah bisa ke Jabal Rahmah lagi, karena kalau bisa ke Jabal Rahmah lagi berarti saya bisa umrah lagi J Tapi mintanya kalau umrah lagi tahun depan sudah ada muhrim yang menemani, secara buat surat muhrim mahal bo, hehehe.. :p
Oh ya, yang menarik, banyak tulisan informasi juga ditulis dalam Bahasa Indonesia di sana. Di Masjid Nabawi, Raudhah, Jabal Rahmah, dan banyak tempat lain. Memang sebaiknya begitu sih, karena jamaah haji dan umrah dari Indonesia kan banyak banget, dan banyak yang kurang fasih berbahasa Inggris atau Arab. 

 
Buat makanan, selama di sana nggak ada masalah sama sekali. Pesennya Mama, jangan bilang makanan nggak enak selama di sana. Harus bilang enak dan pasti kita mau makan. Seolah sugesti gitu, karena kalau belum-belum udah bilang nggak enak, khawatirnya keterusan berasa nggak enak.
Eh, makanannya ternyata enak-enak, yang di Mekah pake enak banget malah. Saya bilang juga ke diri sendiri, semua makanan enak, harus makan banyak biar ibadah bisa pol.
Di sana juga minumnya air zam-zam terus. Biasa kalau minum teh kebanyakan saya suka mual, eh selama di sana banyak minum teh panas kalau malam, aman-aman saja, nggak ada mual blas.
Alhamdulillah.
Sepuluh hari umrah, berat badan saya naik 4 kilo, padahal dalam sehari tidur hanya 3 - 4 jam saja. Begitu sampe Indonesia, baru 3 hari balik langsung turun 2 kilo, hoho..
Abis balik umrah dan ke kantor, nggak sedikit yang manggil saya dengan Bu Haji Kecil, Bu Hajah, hehe.. Amien yra, semoga beneran bisa berhaji satu hari nanti.
Oh ya, karena di sana dari awal sudah niatin hati nggak mau ngeluh khususnya tentang cuaca, Alhamdulillah, selama di sana cuaca nggak yang panas banget, bahkan sempat hanya sekitar 32 derajat, mirip-mirip sama Jakarta.
Pernah sih berasa panas banget, tapi saya mbatinnya dalam hati berucap hamdallah diberi kesempatan merasakan panasnya Jeddah, Madinah, Mekkah, Arafah. Dan saya doa dalam hati minta diberi kesempatan lagi untuk bisa merasakan panas di tempat-tempat tersebut. Amien yra.
Pernah juga keceplosan bilang “Aduh panas ya”, tapi biasa langsung istigfar.
Beneran Allah, saya mau lagi merasakan panas di Mekah atau Madinah. Mau banget.
0 Responses